Cara Mengaktifkan Discover Music di BBM Android

79 comments
CV. Jaya Gemilang
Blackberry kembali mengupdate aplikasi BBM terbaru yaitu versi 2.5.0.36 dimana dalam versi terbaru ini BBM menghadirkan lima fitur baru yaitu Timed Messages, Message Retraction, A quicker Stickers Picker, HD Picture Transfer dan Discovery Music. Dua dari lima fitur itu yaitu Timed Messages, Message Retraction merupakan fitur baru yang dulunya tidak tersedia di BBM versi Blackberry ataupun versi Android. Untuk penjelasan dari dua fitur baru tersebut lihat di sini.

Fitur  Discover Music adalah fitur yang berfungsi untuk menapilkan lagu apa yang sedang Anda putar, lagu apa yang sedang di putar oleh teman di kontak BBM Anda yang di tampilkan di update status BBM. Fitur BBM yang sudah lama di miliki oleh BBM versi lackberry ini kembali di tampilkan untuk BBM versi Android juga untuk BBM iOS dan BBM Windows phone.
(Baca Cara Belanja Aplikasi Android Dengan Pulsa Indosat)

Pada tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengaktifkan Discover Music di BBM dimana fitur ini juga sudah terdapat di BBM versi Blackberry, namun sayangnya fitur ini belum dapat berfungsi untuk pemutar lagu dalam bentuk video. Meskipun fitur ini sudah ada sebelumnya di Blackberry akan tetapi cara menggunakan fitur ini di BBM Android tentunya berbeda caranya. Bagaimana cara mengunakan fitur Discover Music di Android, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Aktifkan dulu menu Discover Music di BBM Android Anda, masuk ke menu Settings di BBM kemudian cari menu Show What I'm Listening To dan Show What Others are Listening To. Lihat gambarnya di bawah ini.



  • Show What I'm Listening To : Fitur ini berfungsi untuk menampilkan lagu apa yang sedang Anda putar.
  • Show What Others are Listening To : Fitur ini berfungsi untuk menampilkan lagu apa yang sedang di putar oleh teman di kontak BBM Anda.
Untuk mengaktifkan kedua fitur ini Anda hanya perlu menggeser pada posisi OFF ke posisi ON, Untuk menonaktifkan kembalikan geser dari posisi ON ke posisi OFF.  

Fitur Discover music ini tentunya akan dapat di lihat pada saat Anda memutar lagu di Android, untuk di ketahui Android sendiri memiliki aplikasi pemutar musik standar atau bawaan dari pabrikan seperti Play Music dan Music. Gunakan pemutar musik bawaan seperti pada gambar di bawah ini ( diberi tanda kotak warna biru), karena dengan pemutar musik yang lain fitur Discovery music tidak akan tampil di status BBM Anda. Sayangnya jenis aplikasi ini hanya di miliki oleh Samsung.
( Baca Cara Melacak Keberadaan Smartphone Android Yang Hilang)

Aplikasi pemutar music (discover music) khusus merek Samsung

Namun untuk Anda yang menggunakan smartphone selain merek Samsung Anda dapat mengunakan aplikasi pemutar musik yang bernama POWERAMP. Download aplikasi ini gratis langsung dari Play store. Aplikasi ini memiliki kelebihan diantaranya terdapat pengaturan untuk audio Mono, Stereo, Bas, Trebel, Equalizer dengan pengatur posisi yang dapat di atur sesuai dengan selera Anda.  


Namun sayangnya aplikasi PowerAMP ini di play store masih Trail yang berlaku untuk dua minggu, untuk Anda yang tertarik dengan versi full version dapat membeli aplikasi ini diPlay store seharga $ 0,99 sangat murah sebetulnya. Namun untuk Anda yang ingin memiliki aplikasiInstall Poweramp Full Version Unlocker secara gratis lihat caranya di sini.


Untuk mengetahui fitur Discover Music sudah akif akan terlihat pada saat Anda membuka BBM dimana lagu atau video yang sedang Anda putar akan tampil di status BBM Anda. Lihat gambar di bawa ini untuk lebih jelasnya.


Berikut ini tampilan Discover Music pada saat Anda mengaktifkan fitur Show What I'm Listening To di pemberitahuan status BBM teman Anda
( Baca Aplikasi pemutar music Google Play Music untuk  menampilkan status musik diBBM)


Update 12 Mei 2016 :
Untuk menampilkan update status musik di BBM (Discovery Music) menggunakan aplikasi pemutar musik dapat di baca di artikel di Blog Kumpulan Tutorial. Selamat mencoba, jika Ada pertanyaan silahkan meninggalkan komentar. Untuk penjelasan detail dapat di lihat dalam video di bawah ini.

Yaris Heykers

79 comments:

  1. baru saja saya pasang gan, tp gak muncul pemberitahuan musik yg sedang saya dengar, padahal sudah on.Apaya masalahnya?oppo joy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakenya Samsung Mas, untuk samsung ada dua atau 3 jenis pemutar music. Yang pasti disocover music tidak bisa muncul di Google Play Music. Coba satu persatu aplikasi music bawaan Oppo. Pastika setting sudah sesuai. Atau coba cari di Play Store

      Delete
  2. udah diaktifin, tapi tetep aja gak muncul status musiknya. ada cara untuk ngatasinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Android nya merek apa Gan? Untuk Samsung hanya bisa dengan pemutar music seperti gambar di atas. Biasanya ada 3 jenis pemutar musik di Samsung, yang bisa memunculkan discover music cuma satu.

      Delete
  3. Sudah saya update mas artikelnya, silahkan di download Aplikasi nya.

    ReplyDelete
  4. Hp saya oppo find way.udah diaktifin tetep gamuncul listeningnya.saya sudah ikuti saran agan tapi powerampnya cuma bisa sehari doang.gimana tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PowerAmp yg gratis tpi unlock ada mas. lihat link di atas mas. Ikuti sesuai petunjuk, saya sudah coba di Lenovo bisa kok.

      Delete
  5. Hpq merk oppo R831K jg gk bs update status musik..padahal BBM sdh versi 2,6....apa memang semua merk oppo gk bs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi pemutar musik standartnya yang ngk suport mas di Oppo. Masnya pake saja PowerAMP. ada yang versi ulock. untuk cari download dan instalnya liohat di link ini : http://areagadgetandroid.blogspot.com/2014/12/cara-download-dan-instal-poweramp-music.html

      Delete
    2. Apakh gak bisa kalau mmng bawaan nya tanpa mendownload poweramp..jadinya iri dengan produk lain..kalau mmng bisa di upgred tolong untuk opo production di perbaharui secepat nya masih bnyak kawan2 yang mengeluh ttng aplikasi music bawaan tak bisa di lihat di bbm

      Delete
  6. yg bs di discovery sm bbm smua musik/vid yg sdh kt save (di dlm plylist) saja? apa musik /vid yg kt lihag scr online (dr youtube lnsung misal) apa jg bs di discovery olh bbm?

    ReplyDelete
  7. cuma lagu format MP3, video sementara belum bisa. Lagu / MP3 yang sudah di save mas, online juga ngk bisa (belum bisa)

    ReplyDelete
  8. tq infknya. jd ga musik online ya.. tp klo video yg d playlist sdh bs d discovery sm bbm. cth..tmn q lagi mendengarkan vid bla..bla. ketika sy tnya dia jwb lg nonton vid yg ada d playlist (sy pke samsung vers 2.5 n tmn pke blackberry)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo cuma melihat video teman bisa mas itu dgn syarat teman menggunakan BBM versi Blackberry, tapi klo untuk memutar video di BBM Android belum ada mas setahu saya.

      Delete
  9. Intinya opo blum mampu sprti yang lain..knpa keluarin produk yang tak lebih canggih nanggung2 seperti keluhan kawan yang music gk bisa muncul di bbm tnpa harus mendownload poweramp..

    ReplyDelete
  10. sejuah yang saya tau aplikasi pemutar music yang bawaan dari Android hanya di miliki Samsung mas, Sony, Asus, Oppo juga tidak punya aplikasi pemutar music yang konek langsung ke status BBM.

    ReplyDelete
  11. Mas kalau galaxy young gt6310 nggak bisa padahal sudah di ubah dan putarnya pake yg biasa tp nggak muncul di recent update

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake dua Samsung mas , satu Tab 3 satunya galaxy Ace 3. Semuanya bisa mas. Samsung harusnya bisa mas.

      Delete
  12. misi mas mau tanya hp saya oppo R831K tadi sy sudah download poweramp.nya udah juga bisa keliatan lagu yang sy dengar, tau2 langsung nga bisa kebuka (crash) karna ketahuan itu pake unlock terus minta yang full versionnya. cara ngatasinnya gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi itu tidak sesuai dengan prosedur cara instalnya yang sudah saya tulis di atas mbk. Beli aja mbk APK nya murah kok cuma Rp. 12.000 an, beli pake pulsa dengan kartu Indosat,nanti pulsa akan terpotong secara otomatis. Caranya ada di link di atas.

      Delete
  13. untuk yang mwnggunakan hp oppo yang mangalami masalah,tidak bisa update musik status di bbm solusinya gampang coba agan download pemutar musik ttpod atau n7player ,saya juga pake oopo r831k dan sudah saya coba 100% work gan..
    thanks :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apliakasi ttpod saya ngk tahu bisa apa ngk, tapi untuk aplikasi n7palayer bisa mas, versi ini juga tersedia unlocknya sudah saya coba bisa, caranya bisa di lihat di sini

      Delete
  14. Ask gan

    Kalo buat samsung galaxy core 2 apa ya gan supaya bisa status musik nya bisa update? Padahal saya uda aktifin Show What I'm Listening nya saya pake aplikasi musixmatch

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca pelan-pelan tutorial di atas sampai tuntas mas. Merek Samsung ngk usah download mas, cukup dengan aplikasi bawaan (Music) seperti pada gambar diatas.

      Delete
  15. aplikasi bawaan samsung seperti ditutorial yang saya jelaskan ya mas? Pastikan teman dikontak BBM sudah mengatur di BBM di "Tampilkan Yang Didengar Orang Lain" pada posisi aktif, jika tidak lagu yang diputar tidak akan muncul distatus bbm teman.

    ReplyDelete
  16. kalau yang menggunakan asus zenfone gimana gan...? msh blum bisa aktif

    ReplyDelete
  17. pake aja mas PowerAMP bisa di beli di Play Store Rp. 12.000 an

    ReplyDelete
  18. Setiap lagu saya yg uknown artist ga muncul di bbm gan. Gamana tuh supaya muncul kaya lagu2 yg tertulis artisnya

    ReplyDelete
  19. Ganti nama filenya mas, caranya lihat disini : http://areagadgetandroid.blogspot.com/2014/11/cara-mengganti-nama-file-hasil-download.html

    ReplyDelete
  20. Kenapa ya oppo joy gak bisa padahl semua nya aktif dari setelan gak bisa2 tolong donk solusinya gimna ini????

    ReplyDelete
  21. Dengan aplikasi pemutar music bawaan Oppo tidak bisa, pemutar music bawaan yang bisa hanya milik Samsung. Solusinya download PowerAMP, bisa dibeli diplaystore dengan pulsa Indosat harga Rp. 12.000 an

    ReplyDelete
  22. Menggunakan google play bs tnpa hrus mndownload powerram dll

    ReplyDelete
  23. betul bisa mas sekarang, dulu awal2 ngk bisa.

    ReplyDelete
  24. rendy permana sanjaya3/1/15, 2:59 AM

    Kenapa ya sebagian lagu yg d putar di google play ga tampil di bbm ?? Solusinya d tunggu

    ReplyDelete
  25. Ia mas, itu kemungkinan besar lagu hasil convert video Youtube. Jika menggunakan Samsung pake saja aplikasi bawaan Samsung itu bisa semua.

    ReplyDelete
  26. Android yg pake 2 kartu sim, itu ga bakal bisa, baik Oppo atau yg lainnya. yg bisa itu yg 1 kartu sim

    ReplyDelete
  27. yg bisa muncul itu di android yg cuma 1 kartu sim, android yg dual sim itu belum bisa

    ReplyDelete
  28. Bisa mas, coba saja saya pake lenovo 2 SIM tetap bisa

    ReplyDelete
  29. wah bagus banget gan infonya. ane tambahin gan, install aplikasi mobogenie market gan sebagai market di android agan, juga dapat memutar musik langsung lho~, semoga membantu : http://goo.gl/4oFmI

    dan jangan lupa battery savernya gan : http://goo.gl/gRdq4E

    ReplyDelete
  30. Ini saya barusan beli oppo neo 3 .knpa kok gk bsa tampil di bbm hp istriq saat saya mendengarkan lagu.padahal setting udah on.tolong kasih caranya donk biar bisa..

    ReplyDelete
  31. http://areagadgetandroid.blogspot.com/2015/02/google-play-musik-aplikasi-pemutar.html << lihat disini mas

    ReplyDelete
  32. kok kalau dengerin musiknya lewat souncloud ga muncul ya? cara buat munculinya gmna?

    ReplyDelete
  33. Ngk bisa mbk. Discovery music akan muncul hanya dengan aplikasi pemutar music.. dan souncould belum ada aplikasinya.

    ReplyDelete
  34. Thanks....
    8 Mar 2015 12:41, "Disqus" menulis:

    ReplyDelete
  35. Daniel HS Silalahi3/12/15, 10:23 PM

    Mas... saya sudah ikutin saran mas mengubah judul nya tapj tetap tidak bisa. Saya menggunakan aplikasi musik google play. Hp saya grand prime. Jadi karna albumnya artis tidak di kenal. Jd gak bisa muncul di pm bbm. Gimana solusinya? Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  36. Daniel HS Silalahi3/12/15, 10:42 PM

    Mas saya kan pakai google play musik. Hp saya grand prime. Nah saya memutar lagu yg ada jdulnya tp album nya tidak di kenal atau unknown. Nah knapa ga muncul di bbm ya? Smentara teman saya yg lain yg memakai samsung yg unknown gtu yg ada jdulnya bisa muncul di bbm mereka. Terimakasih

    ReplyDelete
  37. Klo Grand Prime pakai saja aplikasi standart bawaan Samsung yang bernama Music. yang saya beri warna kotak Biru mas. Semua lagu bisa muncul... Unknown jika dari file convert Youtube ngk bisa muncul mas. Rename dulu di PC kemudian pindah ke Android.

    ReplyDelete
  38. Daniel HS Silalahi3/14/15, 7:29 AM

    Masalahnya mas... sewaktu saya belik grandprime.. tidak ada aplikasi music itu. Bawaannya itu google play music. Saya cari di playstore aplikasi itu gak ada gan. Cara dapatkannya gimana ya mas? Bisa bantu?

    ReplyDelete
  39. setahu saya aplikasi itu bawaan semua Samsung, saya pake samsung ice 3 ada mas... unknow bisa mas, asal jgn lagu hasil convert youtube.

    ReplyDelete
  40. Daniel HS Silalahi3/15/15, 8:59 AM

    Coba la mas liat hp grand prime tmn mas... pasti tdk ada

    ReplyDelete
  41. Teti Kurniawati3/25/15, 5:09 PM

    Mav kak, aq sudh cba tp ttp g bsa jg, mohon solusi ya trimakash

    ReplyDelete
  42. Teti Kurniawati3/25/15, 5:12 PM

    Knp d asusz5 awal ya bsa liat pemutrn lg d bb tp sekrng ga bsa, pdhl pengaturn ya on, tampilkan apa yg sedng saya dengrkn mohon solusi ya trims

    ReplyDelete
  43. Pake palikasi google play bukan? pake Google Play sudah bisa cuma untuk lagu yang filenya tidak dikenal tidak akan muncul di update BBM.

    ReplyDelete
  44. Teti Kurniawati3/27/15, 6:51 AM

    Mlh kalau pake google play malh g bsa,, mohon bantuan ya, trim's

    ReplyDelete
  45. gimana yah cara menghilangkan play video di poweramp?
    setiap kali nyetel lagu di next pasti ada video..
    tolong dong solusinya

    ReplyDelete
  46. Kalau pakek windows phone juga gag bisa keluar ya gan?? D setingan nya juga gag ada gan..

    ReplyDelete
  47. Windows memang belum bisa, versinya masih rendah. Windows memang agak ketinggalan

    ReplyDelete
  48. ini versi gratis apa sudah berbayar ?

    ReplyDelete
  49. ini powerAMP berbayar mbk?

    ReplyDelete
  50. Ridwan Asad Ramadhan4/7/15, 2:46 AM

    Kok habis dua minggu terus lagunya berubah ya om?

    ReplyDelete
  51. Maaf mau tanya, kan kita ngeaktifin "show what im listening to" terus kita buka video streaming bisa keliatan atau ngga?

    ReplyDelete
  52. format video belum bisa untuk sementara mbk

    ReplyDelete
  53. restyanatalia4/12/15, 9:44 AM

    Gan.. Kenapa ya padahal yg saya dengarkan sudah di "ON" in.. Tapi tetap gabisa?

    ReplyDelete
  54. baca ini mas > http://areagadgetandroid.blogspot.com/2015/03/cara-mengaktifkan-discovery-music-bbm.html

    ReplyDelete
  55. Gini klau pnya saya bisa dinawah status ada info lagu tapi kalalau di liahat di umpan tidak ada gan

    ReplyDelete
  56. mau nanya ? apakah video bisa didengar orang lain lewat bbm ?

    ReplyDelete
  57. kok didengar? dilihat maksutnya?

    ReplyDelete
  58. Kok listeningnya gak muncul punya saya,padahal udah saya on listeningnya,saya udah pakek poweramp gak muncul juga,kenapa yaa,,,bantu saya plis...hp saya oppo neo3

    ReplyDelete
  59. thanks buat infonya,, sangat bermanfaat dan membatu sekali http://goo.gl/ELQOJ0

    ReplyDelete
  60. egy prasetyo5/6/15, 1:52 PM

    maaf gan klau untuk hp oppo yoyo saya sudah bisa tetapi knpa yaa waktu saya ganti aplikasi bbm transparan malah gaa bisa....mohon bntuannya gan

    ReplyDelete
  61. Setahu saya Oppo itu memang agak susah mas...

    ReplyDelete
  62. pake Google Play saja mas... yang penting file mp3nya namanya harus sesuai dengan judul album bukan uncategories...

    ReplyDelete
  63. Lucky Cliqers5/22/15, 6:38 AM

    emg iya.....g puas bgt dgn oppo klo ky gini

    ReplyDelete
  64. Pake ini bisa mas > http://areagadgetandroid.blogspot.com/2015/02/google-play-musik-aplikasi-pemutar.html

    ReplyDelete
  65. bantu jawab. tapi kalo di kitkat gaada app music bawaan, yg ada googlem play music

    ReplyDelete
  66. Shah Ramadhani6/19/15, 6:27 AM

    Nokia XL, g bs mnampilkn dftar lgu yg qt putar di Bm y

    ReplyDelete
  67. Mohammad Hamdhani7/5/15, 3:16 PM

    kalau hp samsung tapi ga ada pemutar musik bawaannya gimana ?? cuma ada google play music doang ?

    ReplyDelete
  68. Google Play Music juga bisa mas

    ReplyDelete
  69. Apakah oppo tidak bisa?

    ReplyDelete