Tutorial Screenshot Samsung Galaxy Tab 3 Tanpa Aplikasi

Leave a Comment
CV. Jaya Gemilang
Apa itu screen shot? secara bahasa terkandung dua suku kata yaitu screen yang berarti layar dan shoot yang berarti menembak atau mengambil, arti secara keseluruhan adalah mengambil layar atau dapat di artikan proses penggambilan gambar yang tertera pada layar Smartphone ataupun Android. Pada umumnya screenshot atau capture di gunakan oleh pengguna Android untuk keperluan yang bermacam-macam tentunya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Pertanyaan berikutnya adalah apakah sebegitu pentingnya aplikasi screenshoot ini? jawabannya adalah seperti pernyataan diatas yaitu sesuai kebutuhan pengguna Android. Untuk beberapa  kejadian proses screenshot ini dijadikan bukti untuk suatu tindak kejahatan tertentu. Kita ambil contoh beberapa kasus yang baru saja hangat dibicarakan yaitu kasus penghinaan Floren Sihombing terhadap masyarakat Yogyakarta di akun Path yang berujung di pidanakan. Status Path Floren saat ini banyak bererdar di Internet maupun di koran tentunya gambar tersebut di dapat dengan mengcapture atau menscreenshot. Itulah penjelasan seputar pengertian Screnshot langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk proses Screenshot atau Capture di Samsung Galaxy Tab 3.8.0 ini dapat di lakukan dengan dua cara.

Cara Pertama
Untuk melakukan screnshoot layar Samsung Tab 3  terlebih dahulu kita perlu mengetahui beberapa tombol luar yang ada di menu Samsung Tab 3 tersebut. Tombol ini nantinya yang akan di gunakan dalam proses Screnshot.


Pada gambar diatas terdapat dua tombol yaitu tombol Home da Tombol On / Off . Uuntuk proses screenshot atau capture tekan tombol Home dan On / Off secara bersamaan tunggu satu sampai dua detik sehingga muncul suara seperti kita mengambil gambar saat memotret di Smartphone atau Tablet. Perlu di ingat pada saat menekan tombol harus secara bersamaan, jika tidak proses screenshot bisa dipastikan gagal, tanda bahwa proses ini berhasil di semua ujung layar Tab 3 Anda akan muncul gambar putih membentuk garis kotak seukuran layar Tab 3.8.0 Anda.

Cara Kedua
Masuk ke menu Pengaturan atau Settings, pada menu System pilih Motion, Selanjutnya pada menu Hand motions klik pada kolom kotak sehinga muncul tanda centang hijau. Setelah itu silahkan pilih layar mana yang ingin Anda Capture. Untuk Screenshot posisikan tangan Anda menghadap ke atas gesekkan tangan Anda dengan sedikit tekanan ke layar Samsung Galaxy Tab 3 dari pojok layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya dari kanan ke kiri, setelah itu lepas gesekkan tunggu hingga muncul suara seperti saat Anda mengambil foto dengan Hp, Smatphone.




Untuk melihat gambar hasil dari screenshot masuk ke menu Gallery di Tab 3.8 Anda masuk ke menu Screenshot / Tangkapan layar. Bagi Anda pengguna Smartphone dan Tablet Android merek dan tipe lainnya cara yang di gunakan kurang lebih sama, untuk tutorialnya silahkan lihat di sini. Dan untuk lebih jelasnya bisa lihat video tutorial cara screenshot Samsung Galaxy Tab 3 tanpa aplikasi dibawah ini :


Yaris Heykers

0 comments:

Post a Comment