Ini Penyebab Pin BBM Android Berubah-ubah

Leave a Comment
CV. Jaya Gemilang
Sejak diluncurkan BBM ke platfrom Android dan iOS, BBM berkembang pesat sehingga menjadi aplikasi chat paling laris mengalahkan aplikasi chat lainnya seperti WhatsApp. Persaingan dua aplikasi chat terbesar di dunia ini mulai panas sejak WhatsApp diakuisisi oleh Facebook, perlahan WhatsApp mulai memperbaiki beberapa fitur dari WhatsApp dan kini semakin hari semakin baik sehingga mampu mengalahkan BBM. 

Sejak diluncurkan 2013 BBM lintas platfrom ini mengalami perbaikan sedikit demi sedikit namun terkesan lamban. Bagi Saya yang memiliki toko online dengan BBM sebagai kontak untuk customer membeli sering dibuat tidak nyaman oleh pembeli yang memiliki kebiasaa broadcast message (BC), keluhan seputar BC ini sudah saya sampaikan ke pihak Black berry untuk menambahkan fitur block BC sebagaimana fitur baru yang hadir yaitu block obrolan bersama (multyperson chat), namun sayangnya fitur ini tidak kunjung datang.


Salah satu kekurangan yang juga di miliki oleh BBM Android adalah seringnya PIN BBM berubah pada saat menganti atau pindah ke Android lain. Pada beberapa kasus yang pernah saya alami PIN BBM yang baru dibuat kemudian dipindahkan ke ponsel Android lain bisa dipastikan PIN akan berubah, untuk Pin BBM yang berusia lama kemungkinan tidak akan berubah. Namun baru-baru ini saya mencoba memindah BBM yang usia pinnya atau proses pembuatanya sekitar 1 tahun ke Android lain dan ternyata PIN BBM juga ikut berubah. 

Terkait masalah tersebut saya mencoba menghubungi pihak Blackberry untuk mendapatkan informasi dan memang hal itu akan terjadi. Berikut ini potongan jawaban dari pihak Blackberry.


Dari jawaban diatas ternyata lebih mengejutkan lagi karena PIN BB kemungkinan akan berubah jika kita melakukan update OS Android atau iPhone. 

Jadi untuk Anda yang menggunakan BBM Andoid, iOs untuk keperluan customer seervice atau kontak penjualan ke pembeli ada baiknya jangan menganti BBM dari satu perangkat ke perangkat android lainnya. Dari pengalaman saya BB ID Android yang berumur lebih dari satu tahun aman untuk dipindah atau pin tidak berubah, namun bisa jadi hal ini tidak terjadi di Android lainnya karena tidak ada kepastian. Semoga keluhan ini mendapatkan perhatian dari Blackberry sehingga kedepannya BBM tetap menjadi aplikasi chat yang unggul.

Yaris Heykers

0 comments:

Post a Comment