Cara Instal Dua Aplikasi WhatsApp Dalam Satu Android

27 comments
CV. Jaya Gemilang
Bisa dikatakan saat ini WhatsApp menjadi aplikasi chat terbaik setelah BBM, Bagi sebagian orang lebih senang menggunakan WhatsApp dari pada BBM dikarenakan banyak alasan selain tidak banyak iklan aplikasi WhatsApp lebih cepat berkembang bila dibandingkan dengan BBM, tidak hanya itu komunikasi lintas negara lebih mudah dengan menggunakan WhatsApp. Meskipun sama-sama memiliki fitur Broadcash Messages namun perilaku ini tidak ada atau jarang terjadi di WhatsApp namun sangat marak terjadi di BBM. 

Seiring perkembangan Android, WhatsApp yang selama ini hanya bisa di instal satu aplikasi kedalam satu smart phone seperti BBM kini bisa di instal dua apalikasi WhatsApp sekaligus ke dalam satu Android. Menginstal dua aplikasi WhatsApp ke dalam satu smart phone tentu saja menguntungkan terutama untuk Anda yang menggunakan WhatsApp untuk keperluan customer services (CS)toko online seperti yang saya miliki. Oke langsung saja untuk Anda yang ingin menginstal dua aplikasi WhatsApp ke dalam Android  simak tutorial berikut ini.


Jika Anda sudah memiliki aplikasi WhatsApp versi Offical ( versi resmi) silahkan backup terlebih dahulu semua data percakapan agar tidak hilang. Klik pada menu Backup percakapan seperti pada gambar dibawah ini. 



Namun jika tidak ingin memback up semua percakapan langsung saja laukan cleaner di aplikasi WhatsApp, caranya masuk ke menu Setting, kemudin pilih Manager aplikasi kemudian pilih Aplikasi WhatsApp setelah itu pilih Hapus data.


Selanjutnya silahkan cari menu My Folder (Folder saya), cari folder WhatsApp seteleh ketemu ganti atau rename folder WhatsApp menjadi OGWhatsApp. Karena pada tutorial ini saya sudah menginstal dua aplikasi WhatsApp dalam Android Saya maka ada dua folder bernama WhatsApp, untuk yang belum menginstal akan ada satu saja folder bernama WhatsApp. 


Selanjutnya silahkan hapus aplikasi WhatsApp yang Anda miliki, setelah terhapus instal aplikasi yang bernama OGWhatsApp yang ada dilink dibawah ini, Jika Anda menggunkan Android bisa download langsung dari Dropbox, ukuran file 10.5 MB.
Karena didownload tidak dari Play store pada saat menginstal lakukan setting pada Android Anda,centang pada menu Sumber tidak diketahui agar dapat menginstal aplikasi OGWhatsApp. Setelah terinstal login seperti biasa, lakukan registrasi atau masukkan nomor handphone Anda. Instal aplikasi WhatsApp pertama sukses.

Langkah terakhir adalah instal aplikasi WhatsApp Official (versi resmi) dari play store Anda, lakukan registrasi dengan memasukkan nomor handphone kedua yang Anda miliki. Proses selesai, dua aplikasi WhatsApp sudah terinstal dalam satu  Android Anda. 

Aplikasi OGWhatsApp sudah cukup lama dikenal jika Anda mendapati palikasi OGWhatsApp tidak bisa digunakan itu artinya registrasinya habis perbulan Januari 2015. Untuk aplikasi OGWhatsApp yang ada dalam artikel ini adalah versi terbaru yaitu Maret 2015. Akhir kata selamat mencoba, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

UPDATE : (19 May 2015)
Update file aplikasi OGWhatsApp terbaru yaitu bulan Mei 2015 silahkan download dan instal pada salah satu link dibawah ini.
PENTING :
  • Jika Anda dulu pernah download aplikasi OGWhatsApp dan sudah expired, untuk instal ulang aplikasi OGWhatsApp yang baru mohon hapus semua folder OGWhatsApp yang sudah ada.
  • Untuk Instal ulang OGWhatsApp lakukan langkah-langkah pada tutorial diatas. 
  • Tanda dari aplikasi Expired akan muncul dengan sendirinya yaitu aplikasi WhatsApp tidak bisa dipakai, untuk setiap aplikasi OGWhatsApp sudah expired akan Saya update di sini, jika ada tulisan expired software tunggu sampai Saya mengupdate versi terbarunya. 
  • Aplikasi ini bisa juga berjalan di Tablet Android. 
Lakukan tahap download dan instal seperti petunjuk diatas agar proses instal dapat berjalan dengan baik di Android Anda. Jika aplikasi diatas gagal di instal atau ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

UPDATE (22 May 2015) :
Jika aplikasi diatas masih gagal silahkan update versi terbaru berserta cara download aplikasi OG WhatsApp disini. Untuk memudahkan silahkan lihat pada video dibawah ini.

UPDATE 2019 :
Aplikasi WhatsApp di atas sudah tidak bisa digunakan (expired). Untuk update silakan kunjungi di Blog terbaru Saya yaitu Blogger Indonesia.

Yaris Heykers

27 comments:

  1. gan klo saat verifikasi no.muncul notifikasi "experied" gmna itu gan? OGWhatsApp ane download dri link diatas
    thank'z before

    ReplyDelete
  2. weh kok langsung experied ya.. coba nanti saya update mas yg terbaru.

    ReplyDelete
  3. iya barusan aku downooad expired

    ReplyDelete
  4. Lia Swarrestika5/6/15, 12:01 PM

    Klo aplikasi whatsapp versi resmi gk dhapus pngaruh jg gk ya?

    ReplyDelete
  5. ini sudah ngk bisa mbk aplikasinya.. ini punya saya tiba-tiba juga xperide. tunggu nanti saya update softwarenya

    ReplyDelete
  6. sudah bisa didownload aplikasi terbarunya,, aplikasi remsi harus di download duu, backup percakapan agar chatnya tidak hilang

    ReplyDelete
  7. silahkan di download mas , sudah bisa lagi. file ada di artikel diatas

    ReplyDelete
  8. file nya pilih yang update ya mas.

    ReplyDelete
  9. matur suwun sebelumnx
    barusan sya coba & hasilnx gagal maneh mas.
    nyerah wes

    ReplyDelete
  10. ok Bro, aq coba dolo ye.kemarin qu coba e xpayet..

    ReplyDelete
  11. udah bisa Bang. orang manado bilang, mataaap !. ambon, bilang seng ada lawann.... muaaah... hehehe :)..
    thx Bang Ali Muakhor, OGwhatsapp nya udah bisa dua,wasalam. GBU.

    ReplyDelete
  12. mas nya dulu pernah download .. itu salahnya folder OGWhatsApp nya tidak dihapus mas. hapus dulu semua aplikasi WhatsApp dan File Folder WhatsApp. Setelah semua terhapus ulangi langkahnya... saya bisa mas, Apk OG WhatsApp yang dulu sempat masa berlakunya habis jadi ini saya instal lagi.

    ReplyDelete
  13. Sama sama mas Mikel GBU Heheh...

    ReplyDelete
  14. mas nya dulu pernah download .. itu salahnya folder OGWhatsApp nya tidak dihapus mas. hapus dulu semua aplikasi WhatsApp dan File Folder WhatsApp. Setelah semua terhapus ulangi langkahnya... saya bisa mas, Apk OG WhatsApp yang dulu sempat masa berlakunya habis jadi ini saya instal lagi.

    ReplyDelete
  15. kog verifikasi sms gagal ya gan??muncul perintah silahkan unduh versi terbaru

    ReplyDelete
  16. jika tahapan benar berhasil mas... ikuti step by step pada tutorial diatas.

    ReplyDelete
  17. saya coba dulu mas moga berhasil :) lumayan kan kalo bisa, jadi ga usah buka wa di 2 hp yg beda

    ReplyDelete
  18. Malam mas.. saya sudah berhasil install ogwhatsapp.. tapi kenapa ga bisa verifikasi nomor ya mas? Saya ada 2 nomor yg pernah pake whatsapp, dan dua2nya ga bisa di verifikasi di ogwhatsapp..
    Mohon pencerahannya.. makasii mas.. :)

    ReplyDelete
  19. tahap download nya kemungkinan besar salah... langkah2xnya

    1. Karena sudah download OGWhatsApp hapus dulu aplikasi OGWhtasapp dan folder OGWhatsAppp (masuk My Folder, atau Folder saya cari OGWhatsApp).
    2. Masuk pengaturan > Manajer aplikasi > pilih WhatsApp > Hapus Data.
    3. Masuk lagi ke My Folder cari folder WhatsApp kemudian ganti atau rename menjadi OGWhatsapp.
    4. Masuk pengaturan lagi > Manajer aplikasi > pilih aplikasi Whatsapp > Hapus Instalan.

    5. Download file OG WhatsApp kemudian instal , register nomor jika sudah aktif biarkan saja
    6. Download aplikasi WhatsApp dari Play Store register nomor HP
    7. Selamat dua apliasi whatsApp sudah Aktif


    PENTING = Aplikasi ini tidak bisa digunakan di Tablet Android. hanya berlaku di Smart phone Android.
    silahkan mbk Diah cek bagian mana yang terlewat.

    ReplyDelete
  20. Ok silahkan Gan... (y)

    ReplyDelete
  21. ihsany abdillah6/19/15, 2:37 PM

    siang mas, ini berarti kalau belum pernah instal ogwhatsapp sama sekali whatsapp yang lama dihapus dulu ya?
    trus abis itu baru instal ogwhatsapp, abis itu baru whatsapp yg dari playstore, begitu?
    pake 2 nomer hape ya? berarti verifikasinya dua kali?

    ReplyDelete
  22. Untuk WhatsApp versi Tablet beda mas, bisa langsung istal tanpa menghapus Aplikasi WhatsApp pertama (official bukan dari Play Store).. Jika Android Smart phone tanpa menghapus aplikasi pertama sepertinya bisa.. bisa di coba dulu..

    ReplyDelete
  23. aan budiartie7/11/15, 9:43 AM

    makasih mas brow.... akhirnya bisa q update lagi og wanya sukses ya mas bro

    ReplyDelete
  24. Phiina Phiino Wimayogga7/25/15, 5:58 AM

    Maaf mas klo yg diwatsap official nomor lma apakah sama saja ? Terimakasi :)

    ReplyDelete
  25. Phiina Phiino Wimayogga7/25/15, 6:05 AM

    Maaf mas klo yg diwatsap official nomor lma apakah sama saja ? Terimakasi :)

    ReplyDelete
  26. Halo gan, pas verifikasi nomor HP di OGWhastappnya gagal terus knp ya? ada tulisan "it looks like your client has been modified. Please download the latest version from our website" mohon solusinya gan. thanks

    ReplyDelete